Kursi Naga, Singgasana Megah Berseni Tinggi

RADJAPENDAPA – Naga atau sering disebut dengan istilah “Lung” itu melambangkan kekuatan, kebaikan, keberanian, pendirian yang teguh. Naga juga menjadi symbol kewaspadaan dan keamanan. Dari semua makhluk mitologi China, Naga merupakan makhluk yang tertinggi dan menjadi raja semua hewan di alam semesta. Entah ini legenda, atau memang pernah ada, naga dalam jejak-jejak artefak China, digambarkan memiliki kaki empat, bisa terbang, dan bisa mengeluarkan api dari mulutnya.

IMG_5862

IMG_5864IMG_5865

IMG_5866

Di Jawa, naga juga menjadi symbol yang acap dipakai dalam gamelan, terutama hiasan penyangga gong. Juga dipakai dalam desain wayang kulit, terutama gunungan yang merupakan symbol tempat yang keramat, angker, berbahaya, hutan, gunung, dengan muka yang mempertontonkan merah di bibir dan mulutnya. Entah, naga dari Jawa itu apakah ada kaitannya dengan naga yang biasa kita lihat dalam kebudayaan China.

Naga atau liong termasuk mahluk sakral dalam agama Konghucu. Bersama barongsai (qilin), naga mempunyai makna dan simbol penting ketika Nabi Konghucu lahir. Naga adalah simbol sebagai binatang yang paling kuat. Naga selalu ada pada setiap tiang vihara, atau tempat ibadah, terutama pada tiang tempat sembahyang Dewa Langit. Di setiap kelenteng biasanya selalu ada patung naga di depan pintu gerbang.

Dalam vihara Budha, naga juga sering dijadikan ornament. Bagi orang Tionghoa, naga lebih banyak sebagai symbol tradisi. Bukan hanya symbol keagamaan dan religious. Karena itu, desain dengan menggunakan naga itu available untuk apa saja, termasuk dalam membuat sebuah ornament menjadi sangat oriental.

Kami pernah membuat kursi naga, kursi dengan ornament naga. Costume, sesuai dengan keinginan pemesan, baik model, ukuran tinggi, rendah, lebar, dan modelnya. Desain naga juga ada yang serem, kelihatan galak, sambil menghembuskan api atau berebut bola api. Salah satu yang dibuat oleh tim radjapendapa.com. adalah yang sudah terpasang di Bogor.(*)

Leave a Reply