Plafond Terbaik, Papan Jati 1,5 Centimeter

RADJAPENDAPA – Plafon joglo dan pendopo itu memang bukan “kebutuhan pokok” dalam mendirikan bangunan klasik khas Jawa itu. Artinya, tanpa plafond pun, joglo pendopo itu masih bisa digunakan dengan baik. Plafond membuat lebih rapi, lebih bersih, lebih berestetika, dan lebih adem.

Plafond-001

Plafond-002Plafond-003

Plafond-004

Plafond yang bagus, terbuat dari papan jati dengan tebal 1-1,5 cm, lebar 15-20 cm, panjang 2 meter. Tetapi, lagi-lagi papan dengan model ukuran ideal itu sangat fantastic di pasaran. Karena mendapatkan papan dengan selebar itu, sepanjang itu, yang lurus tanpa bengkok-bengkok itu dibutuhkan pohon yang istimewa juga.

Jika dibandingkan usuk dan reng, harga papan itu lebih mahal setiap kubiknya. Apalagi yang lebar 20 cm itu. Istilah Jawa: Ono rego ono rupo, jer basuki mowo beo. Ada harga ada barang, jika ingin barang yang berkualitas istimewa, biayanya juga cukup merepotkan kantong.

Sebenarnya, plafon itu tidak terkait langsung dengan kekuatan konstruksi. Juga jarang ada yang diukir khusus atau di prodo khusus. Karena itu, orang yang ingin ekonomis, plafon bisa ditukar dengan jenis kayu yang lain, seperti pinus, bengkirai, dan kayu Jawa yang lain. (*)

Leave a Reply