Tips Membuat Patung Kayu Jati

RADJAPENDAPA – Ada banyak kayu yang bisa dipakai untuk membuat patung (sculpture). Ada yang kayu ulin, kayu hitam, kayu eboni, kayu soar, dan kayu jati. Beberapa patung yang pernah kami bikin berbahan dasar kayu jati. Untuk menjadi karya seni patung yang perfect, dibutuhkan 24 hari kerja, plus finishing maksimal 30 hari kerja atau satu bulan.

FullSizeRender

Hasilnya, bukan hanya seindah patung contoh atau aslinya, tapi lebih wow dari yang diduga sebelumnya. Kayu jati sangat cocok untuk membuat patung-petung berukuran tanggung, antara 50-60 cm, ketinggian, dan 20-40 cm diameter penampangnya. Jika Anda memesan patung, berikuti ini tips yang perlu Anda cermati sebelum diserahterimakan hasil karya patungnya.

FullSizeRender_1

Pertama, dan yang paling menentukan adalah paras wajahnya. Harus pas, harus presisi, sampai ukuran millimeter. Wajah itu focus utama orang melihat dan memegang patung. Wajah menjadi pusat perhatian patung. Wajah yang keren, sudah 80 persen penilaian terhadap patung itu menjadi keren juga.

IMG_6961

Kedua, perhatikan komposisi dan proporsinya. Kiri kanan, atas bawah, tengah, semuanya harus sesuai dengan model yang dikehendaki oleh pemesan. Banyak kasus itu, tidak proporsional, karena kegendutan, kekurusan, kurang langsing, kurang detail dan sebagainya.

Ketiga, perhatikan detailnya. Detail itu bisa merusak mood tatkala tidak sesuai dengan aslinya. Itu bisa juga karena factor bahan kayunya. Pematung terkadang tidak bisa lihat kalau kayu yang menjadi bahan dasarnya bisa pecah, bisa retak, bisa menemukan lubang kambium di tengah patung. Nah, itulah yang perlu diamati, karena tidak mungkin patung itu harus didempul atau ditambal sesuatu. Patung haruslah solid.

Kami siap menerima jasa pembuatan patung dengan bahan dasar kayu jati atau kayu Jawa, seperti mangga, nangka, dan sebangsanya. Klik www.radjapendapa.com. Twit: @radja_pendapa @rajapendapa. Facebook: radja pendapa. Atau email ke: pendapa.indonesia@yahoo.com. Pin BB: 53C0CB66. Atau silakan mampir di showroom kami di Cikeas Raya, Jl Letda Natsir 36 A, Gunung Putri, Kab Bogor. (*)

Leave a Reply