Tips Merawat Gebyok

Pendapa-2-Gebyok-Pati
RADJAPENDAPA – Anda sudah punya gebyok? Interior ukir kayu jati yang bisa dijadikan sketsel, pintu gerbang utama, pembatas ruangan, dan hiasan dinding? Sudah tahu cara merawatnya? Nah, sebaiknya ini dicatat, untuk memastikan bahwa gebyok-gebyok Anda itu tetap memberi nuansa yang indah, detail, memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, dan konstruksi berdirinya tetap kokoh.

Pendapa-2-Gebyok-Pati
« 1 of 12 »

Pertama, cara bersihkan debu yang menempel di ukiran yang rumit, detail, tiga dimensi itu. Diawali dengan sulak atau kemoceng, agar debu-debu baru yang belum lama menempel bisa lari dari situ. Kemoceng, tentu tidak bisa menerobos hingga dalaman ukiran, dia hanya bisa membuang debu di permukaan saja.

Kedua, ambil bambu seukuran pensil, lalu dibalut dengan kain yang lembut, dimasuk keluarkan ke dalam detail ukirannya. Dengan begitu, debu yang sudah lama mengendap atau bahkan berkerak itu akan pergi. Makin detail, membersihkannya makin jauh dari debu, gebyok Anda.

photo-4

photo-1photo-2photo-3

Ketiga, sapu lagi dengan kemoceng atau sulak, karena bekas debu yang berkerak dan sudah dikeluarkan itu biasanya masih saja suka nempel di permukaan. Urusan permukaan adalah urusan kemoceng.

Keempat, ambil kuas, ambil sunpolish, dilumuri minyak kayu dengan kuas. Biarkan minyak itu meresap ke dalam pori-pori kayu, biarkan seperti basah, tetapi bukan basah air. Basah minyak, yang tidak membuat kayu menjadi korosi, keropos dan rusak. Minyak juga membuat mengkilat, berkesan mahal dan tidak basah saat dipegang tangan.

photo-04

photo-02photo-01

photo-05

Kelima, jika ingin aroma minyak wangi cendana atau gaharu, bisa dicampurkan dalam minyak sunpolish itu. Dengan begitu aroma di kayu itu mirip cendana yang wangi-wangi asyik.

Keenam, jika ada bagian kayu yang dimakan binatang kecil-kecil, yang menyusakan bubuk di bawahnya, bisa dibasmi dengan lentrek, juga bisa dilumuri minyak tanah. Bukan air, tetapi minyak tanah. Binatang-binatang pengerat yang kecil-kecil itu akan mati oleh obat.

photo 1

photo 2photo 3

photo 4

Ketujuh, jika pada saat pembersihan terlalu bersemangat, ada bagian yang gempil atau patah kecil, jangan panik. Itu bisa diatasi dengan lem fox, dioleska di dua sisinya, ditunggu 15 menit sampai hampir kering, lalu dilekatkan lagi. Kalau masih belum bisa, atau tidak yakin, silakan panggil tim kami, www.radjapendapa.com. Gallery Cikeas Raya, Jl Letda Natsir 36A, Gunung Putri, Kab Bogor. Selain creator Gebyok, pembuat gebyok, pejual gebyok, kami juga melayani jasa maintenance.(*)

Leave a Reply