Ukir Patung, Ukir untuk Ornamen

RADJAPENDAPA – Ornamen itu bermacam-macam, sesuai dengan selera pemilik rumah atau kantor atau gedung. Ada yang lebih suka tempelan ukir di dinding, dengan desain seperti yang disukai pemilik. Ada yang lebih senang menghias sudut-sudut ruangan dengan patung, atau memasang ukiran patung di atas meja besar, meja khusus patung atau malah di ruang kerja. Patung itu seni menterjemahkan lukisan atau gambar dua dimensi ke tiga dimensi.

patung7

patung6patung5

patung4

Kayu sebagai bahan atau objek yang diukir juga bermacam-macam jenisnya. Ada kayu jati, kayu kanthil, kayu glugu (kelapa), kayu ulin, kayu eboni atau kayu hitam yang berat luar biasa. Ada juga ukir dari kayu cendana yang wangi aromanya. Jika ditaruh di ruangan, maka ruangan itu juga akan terimbas wanginya, semacam aroma theraphy yang membuat penghuninya merasa lebih nyaman.

Tidak perlu parfum atau penyemprot ruangan yang terkadang tidak ramah lingkungan. Kayu Cendana bisa diukir dengan cantik, tetapi, harganya juga luar biasa “cantiknya.” Tetapi namanya barang seni, kadang soal harga itu menjadi peringkat nomor sekian, Yang terpenting adalah nilai seninya, art velue-nya. Kayu gaharu juga enteng, ringan, mudah diukir, tetapi bahan kayunya sendiri sudah super mahal. Langka, dan tidak semua daerah bisa memproduksi kayu tersebut.

Kami mendapat pesanan patung-patung itu, juga bukan pekerjaan sederhana. Karena ada contoh ke kecil dan harus dibuat lebih besar dengan ukuran proporsional. Kayu jati memang paling kuat, paling kokoh dan seratnya paling asyik dijadikan bahan patung. Tetapi, satu patung proses pembuatannya bisa 1-2 bulan, dengan tingkat ketelitian yang tinggi, presisi, muka dan wajahnya harus sangat halus, rapi, dan 99 persen mirip aslinya.

Patung Budha yang sedang kami buat di foto itu, sudah 1,5 bulan belum juga tuntas dan sempurna. Tetapi kalau sudah betul-betul jadi, anda bisa lihat nanti hasilnya. lebih presisi daripada cetakan biasa. Wajahnya terlihat bagus, jari-jari tangannya proporsional, lekuk-lekuk baju juga dibuat sangat mirip aslinya, tinggi rendah, dan kurus gemuknya juga sangat pas.

Seni patung memang puncaknya seni kerajinan. Level pertama adalah desain dan lukisan. Karena bisa dihapus ketika tidak sesuai dengan gambar aslinya. Ukiran dua dimensi selangkah lebih sulit. Dan ukiran patung adalah derajar yang paling susah. Tetapi hasilnya, memang semakin wow.

Anda ingin model patung seperti apapun, yang terbuat dari bahan kayu jati, www.radjapendapa.com. bisa membuatnya. Relief-relief dari kayu jati tua, kami juga sudah punya stok, untuk dipamerkan di Ina Craft, 8-12 April 2015 mendatang. Silakan kunjungi stand kami di lower ground, bersama barang produksi kami semua. (*)

Leave a Reply